Selasa, 27 April 2010

PURGATORY, band metal religy

Kangen juga pengen posting, hehehe... Nih info buat lo2 semua yang demen dengerin musik metal. Kemaren gw baru denger band ini dari tetangga gw yang demen dengerin musik metal kalo ada band metal yang religy, nama nya PURGATORY. Lagu2 mereka berkisar tentang ajaran agama Islam, perang Uhud, siksa kubur, kematian, keputusasaan, kritik sosial yang bernuansa gelap, politik dan lain-lain.



Purgatory adalah sebuah grup musik death metal asal Jakarta, grup musik ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Lutfi sang gitaris bersama dengan adik kandungnya yaitu Al yang memainkan drum.

Awal terbentuknya mereka sering membawakan lagu Obituary dan Sepultura. Baru sekitar tahun 2004 mereka memutuskan untuk menggunakan topeng dan penambahan personil seorang DJ, seperti halnya band asal Iowa Amerika yaitu Slipknot.

Sejarah

Pada awal terbentuknya band ini ditahun 1991 mereka hanya sekedar iseng, dengan beranggotakan 4 orang yaitu Al (bass), Lutfi (gitar), Michael (vokal), dan Bimo (drum) dgn warna musik crossover kemudian hanya bertahan selama 8 tahun. Sekitar 4-5 bulan Bimo sang drummer keluar dari band, kemudian drummer pun dicomot oleh posisi baru Al mantan pemain bass, yang juga masih adik kandung Lutfi.

Kontroversi nama band

Nama Purgatory diambil dari salah satu film horor yang berjudul A Nightmare on Elm Street 2 dengan tokoh utamanya yaitu Freddy Krueger, dalam salah satu adegan ada panah yg bertuliskan “PURGATORY”, kemudian mereka mencari tahu artinya didalam sebuah kamus yang ternyata berarti “Proses penyucian roh” dan nama itu benar-benar menyatu dengan tiap personil.

Band ini sempat tersandung dengan masalah nama band yang sama dari negara lain, dari band yang belum memiliki album sampai dengan yang terkenal di daerahnya masing-masing. Ada seorang pengacara asing di YouTube (video clip “Pathetic”) berkomentar minta band ini untuk mengganti namanya, dikatakan bahwa mereka sudah menggunakan nama ini lebih dulu pada tahun 1999. Dimana pada saat itu, YouTube belum ada.

Pada tahun 1992 perombakan besar-besaran terjadi baik dari segi nama dan warna musik menjadi Death Metal dgn membawakan lagu-lagu Obituary dan Sepultura, band ini sempat vakum 2 tahun tapi personil lain purgatory tetap aktif dalam session diband lain.

Pada september tahun 2002 band ini sudah mulai aktif lagi membuat lagu dan pada saat itu baru ada 3 lagu. Purgatory sempat juga membuat video klip dengan dana kolektif. Dengan formasi baru Al, Lutfi, Amor, Die, Nti, Buday. Band ini pun sempat bikin single dari 3 lagu itu dan single itu dikasihkan ke Rony dan ternyata lagu tersebut banyak sekali kekurangan, yang hasilnya kurang bagus dan harus take ulang lagi, sembari membuat materi lagu baru. Kesemua aktivitas itu dilakukan di Home Studio Ronny.

Ditahun 2003 kemudian aliran musik yang dibawakan adalah metal tapi metal yang dalam arti pendewasaan seperti yang kalian dengar di album terbaru kami 7:172, berbeda dengan yang sebelumnya, jelas Lutfi. Album Purgatory sekarang dibawah label ZR Production dan titip edar di Sony Music Indonesia.

Buat albumnya gw posting di postingan berikutnye...

0 komentar: